onyet

profile icons

Sabtu, 15 September 2012

All about Thailand^^

-->
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Asia merupakan salah satu benua yang ada di dunia. Negara-negara yang berada di Asia disebut dengan negara Oriental. Negara oriental sebagian besar beriklim tropis dengan curah hujan tinggi. Hal ini mempengaruhi hasil alam yang ada pada tiap-tiap negaraAsia. Kondisi fisik negara Asia pada umumnya memiliki banyak laut yang membatasi suatu daeah atau wilayah.
Letak geografis, kondisi alam dan iklim sangat mempengaruhi sumber daya alam yag ada pada suatu negara. Terutama pada makalah ini akan membahas tentang buah-buahan yang sapesifik dihasilkan oleh negara Asia dan apa saja hasil pengolahan dari buah-buah tersebut. Negara-negara yang akan dibahas diantaranya Malaysia, Singapore, India, Burma, Thailand, Filipina, Vietnam, Jepang, Korea dan China.
Setiap Negara di berbagai belahan dunia memiliki cirri khas, salah satunya yaitu acara-acara istimewa yang dirayakan pada hari-hari tertentu. Acara-acara istimewa itupun lebih cenderung menampilkan tradisi-tradisi yang di sesuai dengan kebudayaan yang ada pada masing-masing Negara tersebut.
B.     Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan, antara lain :
1.      Memenuhi Tugas tengah semester Mata Kuliah makanan Oriental
2.      Menjelaskan tentang negara Thailand mulai dari letak geografis sampai kebudayaannya.
3.      Menjelaskan tentang hasil pengolahan dari negara Thailand
C.    Manfaat
Adapun kegunaan makalah ini, diantaranya adalah :
  • Memberikan pengetahuan kepada kita tentang alat-alat yang digunakan dalam penyajian hidangan makanan oriental khususnya negara Thailand.
  • Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa/I tentang tata cara menghidang makanan oriental khususnya untuk negara Thailand.
  • Untuk melengkapi tugas mata kuliah Pengolahan dan Penyajian Makanan Oriental.
THAILAND
Geografis
Thailand atau Muangthai artinya negeri atau tanah merdeka. Thailand merupakan satu-satunya negara kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Barat. Negara ini terkenal dengan sebutan “negari gajah putih”. Sebutan ini diberikan pada Thailand karena dalam kehidupan sehari-hari gajah sangat berperan penting, terutama sebagai sarana transportasi dan pengangkut kayu.
Ibukota                                    :  Bangkok
Luas wilayah               :  153.115 km2
Kepala negara             :  Raja
Kepala pemerintahan :  Perdana menteri
Penduduk                    :  Bangsa Thai, lainnya keturunan Cina dan Melayu
Hasil utama                 :  Beras, karet, dan industri
Bahasa                         :  Thai
Lagu kebangsaan        :  Pleng Chat Thai
Mata uang                   :  Bath
Lokasi
Negeri seluas 510.000 kilometer ini kira-kira seukuran dengan Perancis. Di sebelah barat dan utara, Thailand berbatasan dengan Myanmar, di timur laut dengan Laos, di timur dengan Kamboja, sedangkan di selatan dengan Malaysia (Peta).
Secara geografis, Thailand terbagi enam: perbukitan di utara di mana gajah-gajah bekerja di hutan dan udara musim dinginnya cukup baik untuk tanaman seperti strawberry dan peach; plateau luas di timur laut berbatasan dengan Sungai Mekong; dataran tengah yang sangat subur; daerah pantai di timur dengan resor-resor musim panas di atas hamparan pasir putih; pegunungan dan lembah di barat; serta daerah selatan yang sangat cantik.
Secara astronomi Thailand terletak pada 5 0 LU- 210 LU dan 970 BT-1070 BT. Adapun secara geografis wilayah Thailand memiliki batas-batas berikut ini.
a)      Utara               :  Myanmar dan Laos
b)      Selatan             : Kamboja dan Malaysia
c)      Barat               :  Laut Andaman dan Myanmar
d)     Timur               :  Laos
Berdasarkan keadaan alamnya wilayah Thailand dapat dibedakan menjadi berikut ini:
a.       Penggunungan utara merupakan rangkaian pegunungan tertinggi. Merupakan lanjutan pegunungan Myanmar, drngan puncak yang tertinggi gunung Inthanon (2570 M).
b.      Dataran rendah dibagian tengah, merupakan wilayah paling subur dan paling padat penduduknya yang dialiri Sungai Chao Phraya dengan anak sungainya sungai Ping, sungai Wang, sungai Yom, sungai Nan.
c.       Plato Khorat di bagian Timur Laut yang mencakup lebih dari seperempat luas daratan negara ini dan merupakan daerah yang agak tandus.
d.      Perbukitan Barat Daya, yang memanjang dari Tenggara ke Barat Laut dengan puncak Gunung Khao Soi Dao.
e.       Semenjung Thailand, suatu daerah perbukitan yang memanjang dari Penggunungan Tenasserim ke arah Selatan sampai Malaysia. Semenjaung yang tanahnya sempit ini menghubungkan dua daratan yang lebih luas dan sisi Barat serta Timurnya merupakan laut, shingga disebut Tanah Genting. Tempat paling sempit terdapat di kota Kra, oleh karenanya disebut Tanah Genting Kra.
Negara ini beriklim tropis yang sangat basah. Daerah yang berada di Semenanjung Malaya menerima curah hujan hampir dua kali lebih banyak dari bagian tengah dan utara.
Bentuk pemerintahan Thailand adalah kerajaan (monarki) dengan ibukota di Bangkok. Kepala  negara dijabat oleh raja sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri. Kekeuasaan legislatif dijalankan oleh Majelis Nasional atau Rathasapha, yang terdiri atas Senat atau Wuthisapha dan Dewan Perwakilan atat Sapha Phuthaen Ratsadon.
Populasi penduduk di Thailand berdasarkan sensus tahun 2005 adalah 64.444.371 jiwa dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 0,87% per tahun. Mayoritas masyarakat Thailand adalah etnik Thai, yaitu sekitar 75%. Selain itu terdapat sekitar 14% etnik Cina, dan lainnya adalah orang Vietnam, muslim Melayu dan Kamboja. Mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha, sedangkan sebagian yang lainnya menganut agama Islam dan Kristen.
Kegiatan ekonomi penduduk yang utama adalah sektor pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Thailand adalah salah satu dari tiga negara pengekspor beras terbesar di dunia sektor kehutanan menghasilkan kayu jati. Thailand kaya akan hasil tambang diantaranya timah,batu bara, seng, dan batuan yang berharga lainnya. Usaha perkebunan karet dan usaha perikanan banak di kembangkan di wilayah Selatan. Thailand juga telah mengembangkan sektor industri yang menghasilkan tekstil dan barang-barang elektronik. Sementara sektor jasa yang berkemban adalah industri pariwisata.
Tempat wisata seperti Bangkok dan Pattaya banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Lebih dari 9 juta wisatawan berkunjung ke Thailand setiap tahunnya.
IKLIM
            Sebagian besar dari daerah thailand mempunyai iklim muson tropis yang ditandai oleh perbedaan yang jelas dari masa-masa basah dan kering.musim-musim hujannya datang bersamaan dengan datangnya angin muson barat daya yang berlangsung dari mei sampai september.sebagian besar daerahnya menerima 70% dari hujan tahunannya,dengan jumlah yang bervariasi yang dipengaruhi oleh keadaan topografi daerahnya.
Rata-rata curah hujan tahunannya dipedalaman sebesar 1255M.
Suhu.  Rata rata suhu hariannya adalah diatas 25°C sepanjang tahun.suhu bulan januari dibagian utara rata rata 15,6°C,sedang dibagian selatan angka ini adalah 26,5°C.suhu pada musim kering melebihi rata rata ini,masa masa suhu yang paling tinggi dapat pada bulan-bulan akhir maret,april dan permulaan mei.
            Karena letaknya yang jauh dari laut dan tempatnya yang tinggi serta banyaknya gunung gunung yang menahan angin bagian utara mempunyai suhu yang jauh berbeda.hal ini tentu juga disebabkan oleh letak lintang daerah ini,sehingga banyak rumah yang mempunyai tungku pemanas untuk memanaskan ruangan pada waktu dingin,dan penduduknya juga memerlukan pakaian tebal.
Pertanian
            Tanaman padi,Sejak dahulu tanaman utama dari penduduk thailand adalah padi.Sekarang pertanian padi menghidupi sekitar 9/10 dari rakyat thailand,dalam produksinya,penggilinganya,maupun eksportnya.Hampir 95% dari tanah pertanian di tanami padi ialah kira kira seluas 8.000.000 ha.Meskipun negeri ini hanya menghasilkan 5% dari padi dunia ,tetapi negeri ini  merupakan pengeksopr beras ke 3 didunia.Lebih dari 1/3 hasil padinya diekspor,dan ini merupakan ¾  dari semua hasil ekspornya.Negara negara pengimpornya terutama adalah negara negara Eropa,China,Singapura,India dan Cuba.
            Cara menanam padi di Thailand masih secara tradisional,tetapi sudah ada pompa pompa mesin air yang dapat dibeli secara kredit.Macam padi untuk dataran rendah memerlukan suply air yang tetap,sedangkan banyak daerah daerah yang kekurangan air,terutama pada musim kemarau.Thailand terlalu banyak menanam padi,akibatnya dia harus mengimpor kapas dan lain lain yang sebetulnya dapat ditanam sendiri
            Tanaman lain.  Tanaman tanaman lain yang penting adalah karet (440.000 ha) dan kelapa (127.000 ha).Juga ditanam  tembakau,jagung,dan kacang kacangan.Thailand adalah penghasil karet ke 3 diduna.Baru 40% dari daerah delta yang ditanami,sehingga ke sempatan untuk meperluas daerah pertaniannya masih banyak .
            Binatang Ternak.  Binatang yang membantu para petani didaerah pertanian padi adalah kerbau dan sapi.Sedangkan dihutan dan didaerah tanah genting Kra pembantunya adalah gajah.Hasil hutan nya masih cukup banyak meskipun hutan hutan yang menghasilkan kayu teak sudah banyak ditebang.
Penduduk
            Penduduk Thailand berjumlah 51.523.000 (1984).Sebagian besar penduduknya terdiri dari orang Thai,meskipun banyak juga keturunan cina yang hidup dikota-kota dan juga pengungsi dari vietnam yang terutama terdapat dibagian timur laut.Orang laos dan kamboja yang merupakan minoritas juga terdapat diThailand diprovinsi sebelah selatan sebagian besar penduduknya adalah keturunan Melayu.
            80% penduduk thailand hidup didaerah padi dikampung kampung diThailand tengah.kota bangkok berpenduduk 4.702.00 jiwa.Kota kota besar yang lain adalah Chiang Mai,Nak Hon,Ratchasima dan Thon uri.
            Agama.  Orang thailand adalah pemeluk agama budha yang kuat.menurut tradidisi lama seorang laki laki harus tinggal didalam kuil Paling sedikit 3 bulan didalam hidupnya.
Flora dan fauna
a)      Disepanjang pantai Teluk Siam masih terdapat hutan payau. Hutn dan sabana masih banyak terdapat di Plato Koralt. Hutan tropis kaya akan rotan, kayu besi, eboni, dan bakau.
b)      Jenis fauna yang hidup antara lain : badak, harimau, leopard, kerbau, kucing siam, gajah dan berbagai jenis reptil.
Asal mula Kerajaan Thai secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. Kerajaan ini kemudian diteruskan Kerajaan Ayutthaya yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan berukuran lebih besar dibandingkan Sukhothai. Kebudayaan Kerajaan Thai dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India. Hubungan dengan beberapa negara besar Eropa dimulai pada abad ke-16namun meskipun mengalami tekanan yang kuat, Kerajaan Thai tetap bertahan sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meski pengaruh Barat, termasuk ancaman kekerasan, mengakibatkan berbagai perubahan pada abad ke-19 dan diberikannya banyak kelonggaran bagi pedagang-pedagang Britania.
Sebuah revolusi tak berdarah pada tahun 1932 menyebabkan dimulainya monarki konstitusional. Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti nama internasionalnya menjadi "Thailand" pada tahun 1939 dan untuk seterusnya, setelah pernah sekali mengganti kembali ke nama lamanya pasca-Perang Dunia II. Pada perang tersebut, Kerajaan Thai bersekutu dengan Jepang; tetapi saat Perang Dunia II berakhir, Kerajaan Thai menjadi sekutuAmerika Serikat. Beberapa kudeta terjadi dalam tahun-tahun setelah berakhirnya perang, namun Kerajaan Thai mulai bergerak ke arah demokrasi sejak tahun 1980-an.
Kalender Kerajaan Thai didasarkan pada Tahun Buddha, yang lebih cepat 543 tahun dibandingkan kalender Barat. Tahun 2000 Masehi sama dengan tahun 2543 dalam kalender Kerajaan Thai.
Pada 26 Desember 2004, pesisir barat Kerajaan Thaiditerjang tsunami setinggi 10 meter setelah terjadinya gempa bumi Samudra Hindia 2004, menewaskan 5.000 orang di Kerajaan Thai, dan setengahnya merupakan wisatawan.
Pada awal 2005 terjadi sebuah tragedi di Kerajaan Thai Selatan yang mempunyai populasi dengan mayoritas Muslim. Sekitar 70 orang terbunuh akibat kekerasan yang dilakukan oleh rezim Shinawatra. Banyak negara yang mengecam keras tragedi ini. Namun dalam pemilihan kepala pemerintahan, Thaksin Shinawatra kembali memerintah negara ini untuk empat tahun berikutnya.
BAB II
ISI
Sejarah kuliner
Zaman keemasan thailand itu umumnya dianggap sebagai periode 200 tahun sukhotai, mulai abad ke tiga belas, ketika seni dan budaya berkembang dan yang paling inportantly, script thai telah dikodifikasikan. sekitar 300 mil (480km) utara bangkok, di pinggiran zaman modern sukhotai, terletak sebuah unesco-daerah yang ditunjuk sejarah luasnya luar biasa. prasasti ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa warga Thailand dari abad ketiga belas makan diet sangat mirip dengan hari ini makanan modern utara thai: ketan, sayuran, daging, dan ikan, semua dibumbui dengan saus prik nam terbuat dari garam, merica, dan bawang putih . whats hilang, bagaimanapun, wre cabe-pabrik dunia baru yang diperkenalkan oleh pedagang Portugis pada abad keenam belas dan ketujuh belas. sebelum cabe, masakan thai ditembakkan dengan merica.
Thailand adalah unik di asia tenggara, karena tidak pernah dijajah oleh kekuatan barat. sayangnya, ini tidak mencegah kekuatan euoropean dari merebut potongan besar kerajaan. di barat, thailand tradisional diadakan banyak modern laos dan kamboja, dan hingga akhir 1909, negara-negara mallaysian utara kedah, Perlis, kelantin, dan Trengganu tetap berada di bawah sovereighty thai. semua hilang ke prancis dan inggris, namun thailand melestarikan integrity dari inti nasional, sementara sekaligus menjaga leangue dan alfabet.
Hal ini juga mempertahankan warisan memasak unik lezat yang saat ini dihargai secara universal, dengan beberapa lima ribu restoran thai luar negeri. Di Sydney, Australia, saja ada lebih dari 250 restoran-restoran thai, banyak dengan nama punned seperti "thai tanic", "thai phoon" dan "thai satu di;" sementara di Swiss, salah satu restoran Zurich yang fitnest adalah lebih konservatif bernama Sukhothai . Jerman adalah salah thailand atas sepuluh kelompok wisata, dan jerman yang thai adegan Restaurand telah meledak secara eksponensial. Tempat lain di Eropa, sesuatu seperti empat puluh restoran-restoran thai baru membuka setiap tahun di kerajaan bersatu dan ada lebih dari dua puluh restoran di paris. Di amerika serikat, makanan thai dua kali lipat dalam popularitas selama enam tahun terakhir.
Menurut Karang restoran nasional di AS, banding masakan thai khususnya untuk kelompok demografis utama petak pendapatan penduduk perkotaan dengan gelar universitas. Dan di sekolah masakan thai mai chiang, jumlah kebangsaan yang berbeda hadir selama bertahun-tahun telah melebihi lebih dari 50-dan caunt diaudit terakhir adalah beberapa tahun yang lalu

Budaya

Muay Thai, sejenis seni bela diri kickboxing ala Kerajaan Thai, adalah olahraga nasional di Kerajaan Thai dan merupakan seni beladiri setempat. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun1990-an. Ada pula seni beladiri yang mirip dengan muay Thai di negara-negara lain di Asia Tenggara.
Ucapan penyambutan yang umum di Kerajaan Thai adalah isyarat bernama wai, yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang. Hal-hal yang tabu dilakukan di antaranya menyentuh kepala seseorang dan menunjuk dengan kaki, karena kepala dan kaki masing-masing merupakan bagian tubuh yang paling atas dan bawah.
Masakan Kerajaan Thai mencampurkan empat macam rasa yang dasar: manis, pedas, asam dan asin.
Ciri Khas menu di Thailand           
Masakan Thai atau masakan Thailand mencakup makanan dan minuman serta cara memasak khas Thailand. Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas.
Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India. Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii (bahasa Thai: บะหมี่, mi kuah), dan khao mun gai
Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar (bukan rempah-rempah kering). Di antara bumbu-bumbu yang umum dalam masakan Thai adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa.
Berbeda dari hidangan utama dengan berbagai hidangan sampingan dalam masakan Barat, masakan Thai biasanya terdiri dari satu jenis makanan atau nasi (khao, bahasa Thai: ข้าว) dengan lauk pauk yang dihidangkan secara bersamaan dan dinikmati beramai-ramai.
Makanan Thai dimakan dengan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri, namun secara tradisional, orang Thai makan dengan tangan. Hanya masakan mi atau sup berisi mi yang dimakan dengan sumpit dan sendok. Orang suku pedalaman di Thailand Utara dan Thailand Timur Laut memakan ketan dengan tangan. Sewaktu makan, ketan dicomot lalu dipulung menjadi bola kecil sebelum dicocol ke dalam lauk.
Nasi adalah makanan pokok orang Thai. Beras wangi Thai adalah beras kebanggaan Thailand. Ketan (khao niao, bahasa Thai: ข้าวเหนียว) adalah makanan pokok di Thailand Utara dan Thailand Timur Laut.
Nasi dimakan dengan kari, masakan tumis, dan hidangan lain yang biasanya memakai bumbu cabai, limau dan serai. Kari dan sayuran tumis dituangkan ke atas nasi untuk membuat hidangan yang disebut khao rad gang (bahasa Thai: ข้าวราดแกง). Hidangan ini dimakan sebagai makanan praktis ketika orang tidak memiliki waktu banyak untuk makan. Masakan Thailand Timur Laut dan Thailand Utara banyak dipengaruhi oleh masakan orang Lao.
Kwetiau (bahasa Thai: ก๋วยเตี๋ยว) adalah mi yang populer di Thailand, dimasak menjadi kwetiau goreng pad thai (bahasa Thai: ผัดไทย) atau kwetiau kuah. Masakan Cina yang diadaptasi menjadi masakan Thai misalnya kwetiau kuah asam pedas yang disebut kway teow rua (bahasa Thai: ก๋วยเตี๋ยวเรือ) Nam prik (bahasa Thai: น้ำพริก) adalah sebutan untuk sambal atau saus cabai ala Thailand. Setiap daerah di Thailand memiliki ragamnya masing-masing. Dengan memakai cobek dan ulekan, cabai diulek bersama bahan-bahan lain seperti bawang putih dan terasi. Nam prik dimakan bersama sayuran sewaktu makan nasi, atau dimakan sebagai lauk untuk makan nasi. Selain nam prik, masakan Thai juga dimakan dengan cabai kering atau irisan cabai segar yang dicampur dengan cuka beras.
            Masakan Thai banyak memakai daging babi dan daging ayam, dan tidak terdapat banyak ragam masakan dengan daging sapi. Ikan air tawar dan ikan air laut dimasak dengan cara digoreng atau dibuat sup. Selain ikan, makanan laut yang populer adalah udang, kepiting, dan cumi-cumi. Sayuran yang populer adalah terung dan kangkung. Thailand sangat kaya dengan buah-buahan tropis seperti semangka, pisang, durian, manggis, jeruk, nenas, rambutan, pepaya, jeruk bali, dan lengkeng. Selain dimakan segar, buah-buahan juga dibuat sari buah dan manisan. Pepaya muda dibuat menjadi salad pepaya yang disebut som tam.
Penyedap yang umum dipakai orang Thai adalah kecap ikan yang disebut nam pla (น้ำปลา) dan terasi. Dibuat dari fermentasi udang atau ikan-ikan kecil seperti anchovy, nam pla memiliki rasa asin dan aroma ikan yang kuat.
Masakan Thai Tengah dan Thai Selatan memakai daun jeruk purut (bai makrut, ใบมะกรูด). Daun jeruk purut dipakai dalam berbagai sup Thai (misalnya tom yam) dan berbagai kari dari Thai Tengah dan Thai Selatan. Bumbu masak yang umum dipakai adalah bawang putih, lengkuas, serai, kunyit, dan temu kunci (krachai) yang diulek dengan berbagai jenis cabai untuk membuat bumbu kari. Selain daun kemangi yang disebut grapow (kraphao), masakan Thai juga memakai daun kemangi thai untuk beberapa jenis masakan seperti kari hijau.
Di antara bahan-bahan khas untuk masakan Thai adalah pahk chee (daun ketumbar), rahk pahk chee (akar ketumbar), pasta kari, pong kah-ree (bubuk kari), see-ew dahm (kecap asin hitam), gung haeng (ebi), pong pa-loh (bubuk lima rempah), nahmahn hoi (saus tiram), nahm prik pao (pasta cabai), dan tepung beras serta tapioka.
Di Thailand Timur Laut, serangga adalah makanan lezat. Kumbang air raksasa (Lethocerus indicus) (mang da; bahasa Thai: แมงดา) adalah makanan yang sangat populer, digoreng utuh atau dijadikan bumbu penyedap.Kumbang air raksasa merupakan bahan utama pembuat nam prik mang da (nam prik kumbang air raksasa
Acara Istimewa
Acara-acara Istimewa yang ada di Thailand, diantaranya adalah :
a.       Tahun baru
Pesta tahun baru di Thailand dikenal dengan loi krhathong. Perayaan ini diadaakan satu kali dalam setahun. Pada perayaan ini mereka menghias mobil-mobil mereka dengan bunga teratai yang bermacam-macam yang disebut dengan “krothong” .
b.      Pesta perkawinan
Pesta perkwawinan mereka juga merayakan dengan meriah.
c.       Thanks giving day
Thanks giving day adalah merupakan acara khusus untuk menyampaikan tasa syukur terhadap hasil panaen yang berhasil. Dan acara ini biasanya dilaksanakan di kebun atau diladang tempat mereka biasa bercocok tanam.
d.      Hari raya waisak
Masyarakat Thailand mayoritas agamanya adalah budaha. Hari raya waisak merupakan hari raya yang sangat penting dan berarti bagi pemeluk agama Buddha.
1.      Menu yang dihidangkan pada acara-acara istimewa tersebut, diantaranya adalah :
a.       Tahun baru
untuk hidangannya mereka biasa menghidangkan berbagai macam jenis buah-buahan  yang sudah diukir menarik dan ditata sedemikian rupa sehingga menjadi suatu hiasan buah-buahan yang menarik dan juga menghidangkan kue-kue yang terbuat dari larutan agar-agar. Contoh hidangannya :
S  Sankhaya
S  fakthongbui loik phuek
buah-buahan seperti semangka, nenas, jeruk, apeldan lainnya ang dihias sedemikian mungkin hingga mempunyai penampilan yang menarik.
b.      Perkawinan
Menu yang mereka hidangkan selain makan nasi mereka juga menghidangkan kue-kue yang terbuat dari beras ketan dan tepung beras.
Contoh hidangan :
S  Kung khao phat
S  Tom kem gai
S  Kung musaman kare
S  Mie siam
S  Tom yam gung
c.       Thanks giving day
Hidangan yang selalu mereka hidangkan adalah pumkin pie atau pie labu, contoh hidangan lain diantaranya :
1)      Khao phat
2)      Khao pad sapparot
3)      Kung som
4)      Plaa phao
5)      Tom hang wua blue sapphire
d.      Hari raya waisak
Hidangan yang biasa dihidangangkan yaitu masakan dari nasi “krim hijau” yang dibuat dengan sangat sederhana dimana nasi dimasak sampai lunak lalu disaring kemudian diberi warna hijau.
Selain acara istimewa yang tersebut diatas masih ada lagi acara istimewa yang ada di Thailand beserta menu-menunya.
Acara dan Menu Istimewa di Thailand
1.      Tradisi adat diThailand
S  Remaja Laki-laki  berumur 20 tahun wajib mencukur rambutnya dan menjadi biksu dikuil selama 3 bulan paling sedikit.
S  Tarian Fingernail,yaitu acara yang dipersembahkan dithailand untuk menyambut tamu.
S  Good wishes,acara untuk mempererat pertemanan dithailand.dengan cara tarian.Acara Jamuan Nasi Ketan di Udon Tani.
 

2.      Menu Istimewa diThailand
            Hidangan dari Nasi
Ø  Chok โจ๊ก Bubur nasi,Berasal dari daratan Cina, ini adalah bubur nasi dengan ayam cincang atau daging babi. Dapat dicampur telur sebagai pilihan dengan bubur tersebut.
Ø  Khao khai chiao ข้าวไข่เจียว  Telur dadar dengan nasi,Sebuah makanan ringan cepat atau sarapan, ini adalah telur dadar dengan nasi putih, sering dimakan dengan sambal dan ketimun.
Ø  Khao khluk kapi ข้าวคลุกกะปิ Nasi goreng dengan terasi,Nasi digoreng dengan terasi dan disajikan dengan daging babi manis, mangga asam, udang goreng, cabai dan bawang.
 

Ø  Khao man kai  ข้าวมันไก่        Nasi ayam Thai,Beras dikukus dengan bawang putih disajikan dengan irisan ayam, kaldu ayam dan saus pedas.
 

Ø  Khao phat       ข้าวผัด Nasi goreng Thai,Nasi goreng di Thailand dapat dibuat dengan bahan yang berbeda seperti ayam, babi, telur, tahu dan udang. Biasanya disajikan dengan jeruk nipis segar, ketimun, bawang dan nam pla phrik (cabai saus ikan).
 

Ø  Khao phat Amerikan   ข้าวผัดอเมริกัน Nasi goreng Amerika,Nasi goreng Amerika adalah nasi goreng dengan tomat iris, sosis, dan sering juga kismis.
Ø  Khao phat kraphao mu ข้าวผัดกระเพราหมู Nasi goreng kemangi dengan daging babi,Nasi goreng dengan jenis kemangi Thailand tertentu yang disebut bai kraphao (Ocimum tenuiflorum), daging babi yang diiris dan cabai.
Ø  Khao tom ข้าวต้ม Sup beras Thai,Beras yang direbus dalam kaldu ringan, biasanya dengan babi atau ayam cincang. Hidangan ini paling sering dimakan untuk sarapan pagi.
3.      Hidangan dari mie
a)      Bami mu daeng บะหมี่หมูแดง Sup mie telur dengan babi panggang merah,Awalnya hidangan Cina, sekarang umum di Thailand. Seringkali disajikan dengan cabe dalam cuka dan cabai kering serpih.
b)      Khanom Chin Nam Yaa,Mie Thai nam ya. bagian Pusat.Mie beras Thai yang disajikan dengan saus ikan yang disebut nam ya
 

c)      Khanom chin sao nam bagian Pusat
Mie beras dingin yang dihidangkan sebagai sebagai selada dengan santan kental, nanas yang dicincang halus, cabe Thai cincang, udang kering tumbuk, jahe parut, air jeruk nipis dan kecap ikan.
d)     Khao soi,Mie telur dalam kari ayam,bagian Utara      Mie gandum goreng kering (bami) dalam sup kari ayam manis.
e)      Kuai tiao nam,Sup mie kwetiau,Sup kwetiau dengan daging babi cincang, bakso babi atau bakso ikan.
f)       Kuai tiao rat na,Kwetiau dalam kuah daging,bagian Pusat.Kwetiau goreng dengan daging sapi, babi, ayam atau hidangan laut dalam saus daging kental.
g)      Kuai tiao ruea,Mie perahu       bagian Pusat    Mie beras dengan daging sapi atau babi (kadang-kadang jeroannya) dalam kaldu warna cokelat yang berisi kulit manis, bunga lawang dan kadang-kadang darah. Hidangan ini dikenal berasa pedas dan asam.
h)      Mi kro,Mie goreng kering,Bihun beras yang digoreng dengan saus asam manis.
 

i)        Phat khi mao,Kwetiau goreng pedas
j)        Phat si-io,Mie goreng kecap,Biasanya kwetiau yang digoreng dengan ayam atau babi, dan kecap.
k)      Phat Thai,Mie pad Thai,Mie beras "tipis" (sen lek) digoreng dengan saus ikan, gula, air jeruk nipis atau bubur asam, kacang cincang, dan telur dikombinasikan dengan ayam, hidangan laut, atau tahu.
4.      Makanan Ringan dan Hidangan Pengantar
Ø  Kaep mu,Krupuk kulit babi    bagian Utara    Kulit daging babi yang digoreng renyah, sering dimakan dengan nam phrik num.
 

Ø  Miang kham,Udang kering dan bahan lainnya terbungkus dalam daun cha plu
 

Ø  Sate,Sate Bagian Selatan.Daging sapi, ayam atau babi yang direndam bumbu dan dipanggang pada tusuk sate bambu dan biasanya disajikan dengan nam chim sate (saus kacang).
 

Ø  Thot man pla,Kue ikan,Kue ikan cincang yang digoreng kering dicampur dengan pasta kari merah, kacang panjang cincang halus (tua fak yao), dan irisan halus daun jeruk purut (bai makrut).
 

Ø  Thot man kung,Kue kepiting,
Kue kepiting yang digoreng kering dicampur dengan pasta kari merah, kacang panjang cincang halus (tua fak yao), dan irisan halus daun jeruk purut (bai makrut).
5.      Makanan Ringan manis dan Hidangan Penutup
·         Chao kuai,Cincau.
Cincau ini dibuat dari tumbuhan dari famili mentha. Hidangan ini sering disajikan dengan hanya es serut dan gula merah.
·         Khanom bua loi
Akar taro dicampur dengan tepung menjadi bola dan dihidangkan dalam santan.
·         Khanom chan
Tepung ketan dengan rasa pandan yang berlapis-lapis dicampur dengan santan.
·         Khanom mo kaeng
Puding panggang manis yang mengandung santan, telur, gula aren dan tepung, ditaburi dengan bawang goreng manis.
·         Khanom tan
Kue mini dengan rasa aren disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.
·         Khanom thuai talai
Jeli kelapa manis yang direbut dan krim.
·         Khanom wun 
Hidangan ini adalah makanan penutup yang dibuat dengan bahan agar. Warnanya mewakili rasa yang berbeda.
·         Khao niao mamuang  
Mangga dengan ketan,Beras ketan yang dimasak dengan santan kental manis, disajikan dengan irisan mangga matang.
·         Lot chong nam kathi  
Mie tepung beras rasa pandan dalam susu kelapa manis, mirip dengan cendol dari Indonesia .
·         Ruammit
Makanan ringan manis / hidangan penutup dengan campuran bahan, seperti kastanya yang bertutup tepung, nangka, akar teratai, tapioka, dan lot chong, dalam santan manis.
·         Sangkhaya fak thong
Telur dan puding susu manis kelapa, mirip dengan selai kelapa dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina, disajikan dengan labu.
 

·         Tako   
Puding kelapa beraroma melati yang dihidangkan dalam cangkir daun pandan wangi.
6.      Minuman
Ø  Cha yen          
Es teh Thai,Hidangan ini terbuat dari teh hitam ("teh merah" di Asia Timur) yang diseduh sangat lama. Sebagai bahan tambahan dapat juga digunakan air bunga jeruk, bunga lawang, biji asam lumat dan kadang-kadang rempah-rempah lainnya. Teh ini dimaniskan dengan gula dan susu kental dan dihidangkan dingin.
Ø  Krating Daeng           
Krating daeng, Minuman energi asal Thai.
Ø  Lao khao Arak beras
Alkohol sulingan yang dibuat dari beras ketan, seringkali merupakan minuman keras buatan rumah.
Ø  Lao Maekhong(Wiski Mekhong)
Mendekati rum, adalah sulingan dari tebu dan beras.
Ø  Oliang(Es kopi hitam  )
Minuman es kopi hitam Thai yang manis. Nama ini dari bahasa Tiochiu di mana "o" berarti hitam, dan "liang" berarti dingin.
Ø  Saeng som(Sang Som)
Minuman rum Thai yang telah mulai disuling sejak tahun 1977.
Ø  Sato (Arak beras Thai )          
Sebuah arak beras tradisional dari wilayah Isan.
Alat Pengolahan
Memasak artinya mengolah bahan makanan dari keadaan mentah menjadi masak sehingga lebih enak dan lebih mudah dicerna dan lebih bermanfaat bagi tubuh kita dari pada dalam keadaan mentah. (Dra. Silfeni, 1989)
Memasak artinya pemberian panas pada bahan makanan sehingga bahan itu jadi mudah dicerna, dapat dimakan, aman dimakan, lezat dilidah, dan mengubah bentuk penyajian. Adanya perubahan warna, bentuk dan rasa.(Barth ph,1981).
Ibu kota Negara Thailand yaitu Bangkok, yang merupakan Negara penghasil buah-buahan dan beras (khao). Seni dari hidangan dari makanan menjadi prioritas utama bagi masyarakat Thailand. Makanan khas dari Thailand ini yaitu tom yam dan shangkaya.
Peralatan yang benar-benar diperlukan dapur thai adalah lesung dan alu-ini datang dalam dua froms, granit dan keramik. Sementara ia tembikar satu ini sangat mahir bahan memar seperti kacang panjang dan pandan (screwpine) daun, granit yang lebih cepat pada penghancuran andalan berserat seperti serai dan lengkuas. Bila memilih mortir dan alu, besar semakin baik, karena bahan sebaliknya cenderung terbang selama berdebar-debar. Mortar dan alu kayu kecil seperti yang digunakan untuk menggiling rempah-rempah di barat yang hampir tidak berguna untuk tugas-tugas, dan alternatif terbaik adalah food processor.
Kelapa tungku terbuka digunakan untuk menjadi andalan di semua dapur thai, tapi hari ini parutan kelapa untuk susu adalah hanya sebagai kemungkinan untuk dibeli di pasar lokal, dan ut kita dibuat segar di tempat. Parut kelapa tradisional dirancang untuk mengangkang sehingga pengguna bisa menggosok setengah tempurung kelapa terhadap "hidung" berduri dari hewan.
Kukus beras yang biasa dimasak hari ini di sebuah penanak nasi listrik, tapi lengket (ketan) beras menetapkan tradisi: keranjang bambu berbentuk kerucut (Huat) untuk nasi, dan panci, dalam berbingkai sempit (mor neung) pada keranjang yang duduk di atas mendidih air. Ini keranjang bambu yang murah dan tersedia melalui bahan makanan asian banyak. Pengganti, ideal untuk tinggi stockpot.alternativelyuse panci air AGLOCO s, sempit keranjang kapal dilapisi dengan cesheecloth (muslin) ditempatkan dalam panci pas tighlyb dan kapal uap tertutup. Jangan menyebarkan TPP beras tipis, namun, karena itu rawan untuk menjadi gluggy (air-login). Meja dan genggam model (lihat juga) yang berlimpah. Hanya retak tempurung kelapa dua, menguras air dan mengikis dengan parutan tersebut. Seperti penyihir parut kelapa yang diukir ke dalam bentuk ani kecil, als, kata thei untuk parutan genggam, mengacu pada telinga kelinci.
Bahan makanan yang digunakan di Thailand
1.      Vegetables

·         Bamboo Shoot (Rebung)
·         Banana flower (Jantung Pisang )
·         Bean Sprouts (Toge)
·         Bitter Melon (Pare)
·         Cabage (Kol)
·         Cherry Tomatoes
·         Chilli Leaves
·         Daikon (lobak china)
·         EggPlant
·         Fresh Bamboo Shot
·         Green EggPlant
·         Green Onion
·         Kaffir Lime
·         Koon
·         Lettuce
·         Lime
·         Stinky Bean
·         Thai EggPlant
·         Tomatoes
·         Tum Leung
·         Water Chesnust
·         Wing Bean
·         Winter Melon
·         Chinese Brocolli
·         Chinese Cabbage
·         Chinese Celery
·         Chinese Chive Flowers
·         Chinese Chives
 

·         Chinese Olive
·         Loofah
·         Mustard green
·         Napa cabbage
·         Neem
·         Okra
·         Onion
·         Pea EggPlant
·         Pumpkin
·         Squash Blossoms

2.      Meat
·         Pork
·         Domb
·         Chicken
·         Lamb
3.      Seafood
·         Fish
·         Crab
·         Shrimp
·         Squid
4.      Noodles

·         Clear Noodles
·         Rice Vermicelli
·         Thai Rice Noodles

                                        
5.      Herbs and Spices

·         Basil
·         Bay Leaf
·         Cardamon
·         Chilli Pepper
·         Chinese five spice
·         Cilantro
·         Cilantroo root
·         Green Thai Chilli Pepper
·         Ground Chilli pepper
·         Ground Pepper
·         Ground White Pepper
·         Jalapeno Pepper
·         Kafir Lime Leave
·         Kafir Lime Zest
·         Lemon Basil
·         Lemon Grass
·         Mace
·         Cinnamon Powder
·         Cinnamon Sticks
·         Cloves (cengkeh)
·         Coriander
·         Cumin
·         Curry Powder
·         Dried Whole Chilli
·         Fresh Peppercorn
·         Galingal
·         Garlic
·         Ginger
·         Holy Basil
·         Shallot
·         Star Annise
·         Turnmeric(kunyit)

6.      Sauce,Pastes and Preserves

·         Brown Sugar
·         Soy Sauce
·         Fish Sauce
·         Fried Garlic
·         Green Curry Paste
·         Namprig Pow
·         Palm Sugar
·         Pickled Fish
·         Pickled Mustard
·         Pickled Garlic
·         Red Curry Paste
·         Salt
·         Shrimp

Alat-alat yang digunakan dalam pengolahan makanan di Thailand ini yaitu:
1.      Wok
Sejenis Panci yang dasarnya tebal dan dalam yang menggunakan tutup.
Wok biasanya digunakan untuk merebus,menggoreng,mengukus.
2.      Rice Cooker
3.      Knives (Pisau)
4.      Bamboo Steamer
Sejenis Kukusan yang berasal dari bambu.
5.      Mortar and Pestle ( Alu dan Lumpang)
Alu dan Lumpang digunakan untuk menghaluskan bumbu.
6.      Stainless Steel Spatula
1.      Buah-buahan khas Thailand
a)      Banana (Pisang)
Thai name: Kluai
Season: sepanjang tahun
Pisang mungkin yang paling populer dari semua buah-buahan tropis, dan Thailand memiliki sekitar 20 varietas yang berbeda, mulai dari harum, manis sedikit "pisang jari" untuk spesimen besar dengan kulit emas tebal.
Ketika muda dan hijau, pisang akan dimakan mentah sebagai sayuran dengan saus pedas, lebih berkembang, tapi masih muda, pisang diiris, dijemur, dan digoreng untuk camilan. Pisang juga dipanggang dan direndam dengan sirup (kluai ping), direbus dalam santan dengan garam dan gula (kluai buat chi), direbus dalam sirup (kluai chuam), dibakar dan dikupas (kluai phao), dan di goreng ( kluai khaek).
 

b)      Coconut (Kelapa)

Thai name: Ma-phrao
Season: sepanjang tahun
Kelapa, tersedia sepanjang tahun, yang tak terhindarkan pada makanan Thailand dalam beberapa bentuk kelapa ada di hampir setiap hidangan. Air kelapa adalah bahan utama kari dan sup, dan daging diiris atau parut; dibuat makanan penutup, sebagai dasar custard halus, dalam bentuk permen, seperti strip dimasak renyah dalam sirup coklat, dan kue lainnya yang tak terhitung jumlahnya.
 

c)      Custard apple

Thai(Noi-na)
DSC03278Juga dikenal sebagai apel gula, buah ini memiliki kulit berwarna hijau kental yang  manis, daging putih wangi. Custard apel bisa dimakan mentah dengan menggunakan sendok. Custard apel juga sebagai bahan dasar untuk es krim lezat, disajikan di restoran Thailand. Area berkembang utama adalah provinsi-provinsi utara-pusat seperti Phetchabun dan Nakhon Ratchasima, dan musim berbuah puncak berlangsung dari bulan Juni sampai September.

d)     Durian

Thai name: Thurian
Thailand name: Thurian
Durian Thailand terkenal akan rasa halus dan tekstur yang halus. Durian biasa dimakan mntah dan juga diolah dalam makanan penutup. Tiga dari varietas yang paling populer (dan ada beberapa lusin untuk memilih dari) adalah cha ni, yao kan, dan, mungkin yang paling berharga dari semua, thong mon.

e)      Jackfruit (Nangka)

Thai name: Khanun
Buah ini kuning dan lezat, dengan rasa manis dan bau kuat. Thailand memakan daging nangka yang kuning saja, dengan es krim atau dicampur dengan buah lainnya dan santan dalam sebuah kolak. Benih / bijinya dimasak dalam banyak masakan.

f)       Papaya (Pepaya)

Thai name: Ma-la-ko
Pepaya telah berkembang di Asia Tenggara sejak abad 16 dan kuning panjang atau buah jeruk, kaya akan Vitamin A dan C, adalah komponen dalam masakan Thai. Dalam penggunaannya mungkin paling populer, pepaya hijau yang diiris menjadi strip tipis dan halus dengan udang kering, bawang putih, dan cabai untuk menghasilkan panas menyala yang disebut salad som tam. Buah matang sering dimakan dengan beberapa tetes air jeruk nipis segar.

g)      Water melon (Semangka)

Thai name: Taeng-mo
Di Thailand, buah semangka sering dicelupkan ke dalam garam sebelum dimakan, jus enak juga diekstrak dan secara luas dijual sebagai minuman. Semangka tumbuh di sebagian besar wilayah Thailand dan tersedia sepanjang tahun, meskipun Maret merupakan puncak musim.
Teknik yang Digunakan diThailand
7.      Teknik dalam memasak
Teknik yang digunakan diThailand dalam mengolah makanan yaitu boil (merebus),fry (menggoreng),Steam (mengukus),saute (menumis),menggulai (curry).
8.      Teknik Menghidang
Dithailand makanan dihidangkan diatas piring.dan mereka makan dengan cara Family Service dan makanan dihidangkan diatas seprah makan.Mereka makan duduk dilantai.
Susunan Menu dan Waktu Makan.
             Thailand mempunyai susunan menu yang agak berbeda,yaitu :
Makanan Pokok
***
Kari
***
Soup
***
Sayurannya
***
Dessert
Sedangkan diThailand Mempunyai 3 waktu makan yaitu:
9.      Breakfast
Biasanya mereka sarapan dengan bubur nasi.dan dimakan dengan makanan pendamping lainnya.
Menu nya yaitu :
10.  Chok โจ๊ก Bubur nasi Berasal dari daratan Cina, ini adalah bubur nasi dengan ayam cincang atau daging babi. Dapat dicampur telur sebagai pilihan dengan bubur tersebut.
11.  Dan juga ada Khao Tom (bahasa Thai: ข้าวต้ม): sup nasi ala Thai, berisi   daging babi, ayam, atau udang.
12.  Khao khai chiao ข้าวไข่เจียว Telur dadar dengan nasi.Sebuah makanan ringan cepat atau sarapan, ini adalah telur dadar dengan nasi putih, sering dimakan dengan sambal dan ketimun.
13.  Khao khluk kapi ข้าวคลุกกะปิ Nasi goreng dengan terasi.Nasi digoreng dengan terasi dan disajikan dengan daging babi manis, mangga asam, udang goreng, cabai dan bawang.
 

14.  Lunch
Karena orang orang sibuk bekerja,biasanya orang thailand makan makanan yang cepat saji seperti hidangan dari mie atau nasi dengan daging dan sayur.
Menunya:
15.  Kwetiau
16.  Khanom Chin Nam Yaa ขนมจีนน้ำยา Mie Thai nam ya.bagian Pusat Mieberas Thai yang disajikan dengan saus ikan yang disebut nam ya.
17.  Mi krop (หมี่กรอบ) Mie goreng kering,Bihun beras yang digoreng dengan saus asam manis
18.  Phat Thai ผัดไทย Mie pad Thai,Mie beras "tipis" (sen lek) digoreng dengan saus ikan, gula, air jeruk nipis atau bubur asam, kacang cincang, dan telur dikombinasikan dengan ayam, hidangan laut, atau tahu.
19.  Dinner
Pada Waktu makan ini dihidangkan Lengkap dari makanan pembuka,pokok,sampai Dessert.
Contoh menunya :
  Crisp Fried Noddle
***
Kaeng Khieu Wan Kung
***
Tom Yam Kung
***
Taeng Kwang Ah Jad
***
Sweet Banana Dessert
Makanan pokok
Makanan pokok orang Thailand adalah nasi yang disebut khao dengan lauk pauknya dan beserta sayur. Makanan yang sering dihidangkan semacam kari yang disebut kaeng phed dan sup atau yang disebut kaeng chub, saus dan sambal yang dikenal dengan nampala dan namprik. Kedua macam saus rasanya pedas terasa ikan dan bawang putih.
Dalam tata hidangan makananya Thailand menggunakan teknik Family service. Pada meja makan keluarga makanan selalu ditempatkan dimangkuk dan diletakan ditengah-tengah meja sehingga semua orang dapat mengambil sendirinya makanannya. Masakan Thailand ini juga dipengaruhi oleh masakan China, maka alat hidang yang digunakan untuk menyajikan masakannya sama halnya dnegna negara Korea, China dan Jepang. Seperti  mangkok sup, mangkok nasi, mangkok untuk lauk pauk, mangkok sayur, mangkok sambal. Untuk peralatan makan waktu dahulunya negeri Gajah Putih ini tidak menggunakan alat-alat makan seperti sumpit karena mempergunakan jari tangan untuk makan. Akan tetapi, seiring dengan pengaruh budaya asing  masyarakat Thailand telah mengenal alat makan seperti sumpit.
Cara menghidang
Masyarakat Thailand biasanya dalam menghidang makanan secara family sarvice. Selain itu, di setiap menghidangkan makanan masyarakat Thailand selalu memperhatikan garnish pada makanan. Kebiasaan dari masyarakat Thailand sering mempergunakan wadah dari buah sesuai dengan bahan yang digunakan.
Cara penyajian makanan Thailand yaitu makanan diletakan diatas meja pendek, dan sebagai tempat duduk berupa bantal kecil, dan duduk mengelilingi meja tersebut. Orang Thailand lebih suka makan bersama-sama dengan alasan karena meja makan mereka bisa membagi rasa variasi makanan, dan hal ini merupakan etika yang paling penting bagi orang Thailand. Tidak hanya tentang penyajian makanannya saja,
DSC03270  
bagi orang Thailand yang pertama makan itu adalah mata, hidung dan setelah itu baru rasa. Masakanya di beri hiasan yang menarik (garnis) misalnya saja ukiran sayur dan buah yang menghiasi makanan atau meja makan.  Contoh beberapa masakan Thailand:
DSC03278DSC03278Kehidupan masyarakat Thailand
Kebudayaan Thailand dipengaruhi oleh Tiongkok dan India. Kalender Kerajaan Thai didasarkan pada Tahun Buddha, yang lebih cepat 543 tahun dibandingkan kalender Barat. Tahun 2000 Masehi sama dengan tahun 2543 dalam kalender Kerajaan Thai. Setelah menikmati rata-rata pertumbuhan tertinggi di dunia dari tahun 1985 hingga 1995 - rata-rata 9% per tahun - tekanan spekulatif yang meningkat terhadap mata uang Kerajaan Thai, Baht, pada tahun 1997 menyebabkan terjadinya krisis yang membuka kelemahan sektor keuangan dan memaksa pemerintah untuk mengambangkan Baht. Setelah sekian lama dipatok pada nilai 25 Baht untuk satu dolar AS, Baht mencapai titik terendahnya pada kisaran 56 Baht pada Januari 1998 dan ekonominya melemah sebesar 10,2% pada tahun yang sama. Krisis ini kemudian meluas ke krisis finansial Asia.
Makanan/bahan nabati negara Thailand:
·         Beras
·         Tahu
·         Terung
·         Jelly mushrooms
·         Cendawan
·         Jamur
·         Mie
·         Sayur-sayuran
Bumbu yang digunakan dalam masakan Thailand
Masakan Kerajaan Thai mencampurkan empat macam rasa yang dasar: manis, pedas, asam dan asin. di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India.  Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India.
Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii (bahasa Thai: บะหมี่, mi kuah), dan khao mun gai. Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar (bukan rempah-rempah kering). Di antara bumbu-bumbu yang umum dalam masakan Thai adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa.
Penyedap yang umum dipakai orang Thai adalah kecap ikan yang disebut nam pla (น้ำปลา) dan terasi (kapi). Dibuat dari fermentasi udang atau ikan-ikan kecil seperti anchovy, nam pla memiliki rasa asin dan aroma ikan yang kuat. Masakan Thai Tengah dan Thai Selatan memakai daun jeruk purut (bai makrut, ใบมะกรูด). Daun jeruk purut dipakai dalam berbagai sup Thai (misalnya tom yam) dan berbagai kari dari Thai Tengah dan Thai Selatan. Bumbu masak yang umum dipakai adalah bawang putih, lengkuas, serai, kunyit, dan temu kunci (krachai) yang diulek dengan berbagai jenis cabai untuk membuat bumbu kari. Selain daun kemangi yang disebut grapow (kraphao), masakan Thai juga memakai daun kemangi thai untuk beberapa jenis masakan seperti kari hijau. Di antara bahan-bahan khas untuk masakan Thai adalah pahk chee (daun ketumbar), rahk pahk chee (akar ketumbar), pasta kari, pong kah-ree (bubuk kari), see-ew dahm (kecap asin hitam), gung haeng (ebi), pong pa-loh (bubuk lima rempah), nahmahn hoi (saus tiram), nahm prik pao (pasta cabai), dan tepung beras serta tapioka.
Di Thailand Timur Laut, serangga adalah makanan lezat. Kumbang air raksasa (Lethocerus indicus) (mang da; bahasa Thai: แมงดา) adalah makanan yang sangat populer, digoreng utuh atau dijadikan bumbu penyedap. Kumbang air raksasa merupakan bahan utama pembuat nam prik mang  da  (nam prik kumbang air raksasa).
Lauk pauk
Nasi merupakan makanan pokok orang tahi,yang ditemani oleh daging,unggas atau ikan yang kuah atau gravi.penganan yang paling populer adalah satay dan lumpia.Makanan orang Thailand terdiri dari sedikitnya lima hidangan dirumah makan, Dessert kebanyakan dari sejenis pudding dan santan kelapa serta mempunyai rasa manis,Dessert tidak dihidangkan pada makanan sehari-hari,tetapi dihidangkan pada makanan kesempatan khusus seperti resepsi perkawinan perjamuan formal.buah segar musiman dimakan sebagai makanan penutup atau dessert seperti jeruk pomelo,mangga,pawpaws,semangka ,nenas,apel.
Makanan pokok yang berasal dari hewani seperti:
Y  Daging sapi, kebiasaan masyarakat thailand,masakan daging ini juga dicampur dengan protein lainnya,seperti ikan maupun daging unggas.biasanya masakan yang diolah sepertii sup,(nasi sup ala thailand).
Y  Ikan ,karena thailand juga memiliki laut,banyak berbagai macam ikan yang diolah untuk dijadikan berbagi macam masakan.
Y  Udang,juga biasa diolah menjadi pasta,maupun sup,ada juga dipakai sebagai campuran dalam olahan mie.
Y  Unggas,yaitu daging ayam yang biasa dijadikan kaldu(stok),khao ayam rebus,dan saus.
Jenis-jenis sayuran Negara Thailand :
1.      Lobak
Lobak: Umbi-Umbian untuk Sayur
Lobak adalah tumbuhan umbi yang menyerupai wortel namun berwarna putih.
2.      Wortel
3.      Takokak: Bisa Dimakan Mentah Mirip Leunca
4.      Labu Siam: Labu untuk Sayuran Asli Siam
Disebut Labu Siam karena tanaman yang termasuk jenis sayuran ini pada awalnya didatangkan dari Siam (Thailand). Buah Labu Siam berbentuk lonceng dan menggantung dari tangkai. Karenanya tanaman ini ditanam dengan bantuan para-para untuk melilitkan batangnya yang menjalar. Labu Siam sering juga disebut Jipang. Ia termasuk dalam family Cucurbitaceae. Hampir sering dijumpai di pasar  dan biasanya diolah sebagai masakan atau lalapan dengan cara merebusnya dahulu untuk menghilangkan getahnya.
6.      Chinese Celery (Khunchay)
7.      Beans/ Thua fuk yao (kacang panjang)
8.      Pea eggplants (makpua puang)
9.      Japannese Long (terong)
10.  Round Egplants (makua bprawh)
11.  Papaya green (pepaya muda)
12.  Mushroom (jamur)
13.  Krachai (chinesse keys)
14.  Eryngo leave (sawtooth coriander
BAB III
RESEP
       Menu :
Crisp Fried Noddles
***
Kaeng Khieu Wan Kung
***
Tom Yam Kung
***
Taeng Kwang Ah Jad
***
Sweet Banana Dessert
       Resep
1.      Crisp Fried Noddle
Bahan:
¼ cup  Asam Jawa
1 sdm  Soy Sauce
¼ pound Gula
¼ pound Bihun
¼ cup  Saus Kacang
1sdm   Tomato paste
½ buah            Bawang Bombay  (cincang)
2 siung Bawang Putih
1 potong Ayam
¼ pound Udang
¼ pound daging
Secukupnya Minyak goreng
Cara membuat :
1.      Siapkan asam jawa,tambahkan minyak lalu panaskan
2.      Mie direbus lalu tiriskan.
3.      Asam jawa,gula,soy sauce,saus kacang,dan tomato paste dibuat menjadi saus
4.      Panaskan minyak,tumis bawang bombay dan bawang putih lalu masukan daging,ayam,udang sampai masak.
5.      Aduk kembali ahan sauce lalu masak sampai kental
6.      Ambil 2 garpu lalu campurkan bihun kedalam saus dan bahan pelengkap tadi aduk sampai rata dan hidangkan dengan garnish.
Hasil :
 

2.      Kaeng Khieu Wan Kung (Green Curry of Prawn)
Bahan :
100 gr udang
100 ml santan
            1 sdm green paste
            1 sdm nampla
            Ketumbar secukupnya
Bahan Green paste
            2 sdm Coriander seed
1sdm Cumin
1sdm Black Peppercorn
1sdm Salt
1 ruas jari Galingal,Chopped
1 stalk Lemon grass
2 sdm Kaffir Lemon Zest
2 clove Garlic
20 bh Fresh small green chilli
2sdm dried shrimp paste
Cara Membuat :
1.      Semua bahan untuk green paste dihaluskan.
Cara MemBuat:
1.      Bersihkan dan Kupas Udang,masukan udang terseut kedalam santan.masak 5-10 menit kemudian saring dan keluarkan udang.
2.      Masukan ¼ agian santan tadi kedalam panci,panaskan kemudian tambahkan green paste,masak sampai mendidih dan mengeluarkan aroma
3.      Kemudian tambahkan lagi santan tersebut masak sampai menjadi saus lalu tambahkan saus ikan dan udang,masak selama 5 menit lalu hidangkan.
Hasil :
3.Tom Yam Kung
Bahan:
100 gr udang
1 ltr air
1batang Serai
1sdt garam
daun jeruk Purut secukupnya
3bh Cabe merah (diiris )
1 sdm Fish Sauce
Air jeruk nipis secukupnya
Cara Membuat :
1.      Bersihkan udang dan Potong kepalanya dan masukan kulit,kepala,kakinya kedalam panci erisi air tambahkan air jeruk nipis,sereh,garam dan 2 daun jeruk purut dan cabe,masukan dalam bowl,simmer selama 15 menit,saring dan jadikan kaldu.
2.      Panaskan kembali diatas pan tambahkan udang dan didihkan 3-4 menit sampai udang bewarna pink dan masak.
3.      Campurkan sauce ikan dan jeruk purut,penyedap rasa,aduk dan biarkan masak.
4.      Hidangkan dalam bowl dengan garnis cabe dan jeruk purut.
Hasil :
4.      Taeng Kwah Ah Jad ( Fresh Cucumber Acompaniment)
Bahan:
1bh mentimun
1sdm garam
2sdm cuka
2sdt gula
1 bh bawang bombay (slice )
2 bh cabe merah (cincang)
Cara Membuat :
1.      Bersihkan mentimun dan Kupas memujur dengan menggunakan garpu
2.      Kemudian iris tipi dan masukan kedalam gelas,aduk dengan garam dan biarkan selama 15 menit.dicuci dengan air dingin kemudian dinginkan.
3.      Atur dalam piring hidang dan aduk dengan gula dan garam
4.      Potong slice awang bomay dan cabe merah,hidangkan dengan kari.
Hasil:
5.      Sweet Banana Dessert
Bahan :
            2 sdm air
            1 cup gula
            6 bh pisang
            Garam secukupnya
            1 1/3 cup  santan
Cara Membuat :
1.      Masak Gula dan air dengan api kecil sampai menjadi sirup
2.      Kupas pisang dan letakkan dalam panci,tuangkan sirup ke dalam panci,didihkan dan tamahkan garam kedalam santan lalu masukan kedalam panci tersebut.simmer sampai kuahnya menyerap
3.      Balikan pisang sampai masak lalu angkat,hidangkan.
Hasil:
 

Foto masakan Thailand
Sesi pertanyaan
Saran:
1.Titen darlis santi tulisannya dirapikan lagi 2. Annisatul hasanah peralatannya diberi penjelasan
Pertanyaan:
1.Aprini elasrti Negara mana saja yang mempengaruhi makanan yang ada di Thailand dan apa saja itu?
2.Siska
Hasil olahan dari jagung apa saja?

BAB lV
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Letak geografis, kondisi alam dan iklim sangat mempengaruhi sumber daya alam yag ada pada suatu negara. Terutama pada makalah ini akan membahas tentang negara Thailand. Thailand atau Muangthai artinya negeri atau tanah merdeka. Thailand merupakan satu-satunya negara kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Barat. Negara ini terkenal dengan sebutan “negari gajah putih”. Sebutan ini diberikan pada Thailand karena dalam kehidupan sehari-hari gajah sangat berperan penting, terutama sebagai sarana transportasi dan pengangkut kayu.
B.     Saran
Dengan adanya makalah tentang negara Thailand ini semoga berguna bagi mahasiswa khususnya kita sebagai mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Tidak hanya sekedar mengetahui tentang letak geografisnya saja tetai dengan hal lainnya seprti budaya makan, buah-buahannya, peralatan pengolahannya juga yang digunakan dari tiap- tiap negara oriental.
Daftar pustaka
Silfeni. 1989. Kumpulan Bacaan Mahasiswa oleh silfeni Pengolahan dan Penyajian Makanan Oriental. PKK FT UNP.
Charmaine Salomon. 1976. Asian Cook Book. Mc Graw-Hill Book Company: New York.
IPS Geografi lX (smt-2) SMP/MTS
http.//ms.wikipedia.org.wiki/hidanganmasakanthailand.
Thailand cooking food.
Sulistyo, Hasan Budi dkk. 2007.  IPS Geografi : IPS Geografi untuk SMP kelas IX. Jakarta : Erlangga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar