onyet

profile icons

Selasa, 23 Oktober 2012

Pengetahuan dan Organisasi Dapur



KATA PENGANTAR

Mata kuliah Pengetahuan alat dan organisasi dapur merupakan salah satu mata kuliah yang dibutuhkan dalam bidang boga. Dimana mata kuliah ini memberitahukan tentang macam-macam alat dapur yan nantinya akan digunakan dalam pengolahan. Dalam makalah ini kita akan membahas tentang  “Alat pemotong dan pengiris”.
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah kita dalam mengenali alat dan organisasi dapur.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih,namun demikian  penulis juga menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari kesempurnaan, dari itu penulis terbuka dan siap untuk menerima kritik dan saran demi penyempurnaan dimasa mendatang.












TUGAS
PENGETAHUAN ALAT dan ORGANISASI DAPUR
“ALAT PEMOTONG dan PENGIRIS”

logo

KELOMPOK 8

Juwitalia Widaswara (55701)
Sarah (18735)
Wenggi Sartika Sari (55702)


FAKULTAS TEKNIK
PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2010

PEMBAHASAN

Dalam proses pengolahan makanan, mengiris dan memotong adalah langkah awal memulai pekerjaan. Dengan adanya proses tersebut, tentunya kita membutuhkan alat untuk memudahkan memotong bahan – bahan makanan.

A.   Alat pemotong
Alat potong adalah suatu perangkat yang berfungsi memotong, membelah dan meratakan suatu benda. Jenis alat potong tergantung pada bahan yang akan dikerjakan. Contoh: bahan kertas dipotong dengan gunting kertas atau dengan cutter, bahan logam dipotong dengan gunting logam atau gergaji logam, dan bahan kayu dipotong menggunakan gergaji kayu, pahat, atau pisau.
Berikut diuraikan alat potong yang digunakan dalam proses pengolahan makanan.
1.      Pisau
Pisau adalah sejenis alat yang digunakan untuk memotong sebuah benda. Pisau telah digunakan sebagai alat dan senjata sejak Zaman Batu lagi.
Pisau adalah alat potong sederhana yang sering dijumpai dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk dan ukuran pisau sangat dipengaruhi oleh faktor kedaerahan dan fungsi pisau tersebut. Fungsi utama pisau adalah untuk memotong, namun dengan pertimbangan kebutuhan, pisau juga berfungsi untuk membentuk, meraut, mengukir, dan menghaluskan permukaan kayu. Bahan baku pisau adalah baja campuran kualitas tinggi, sehingga tahan karat dan korosi.
Bagi kita dalam bidang tata boga, pisau adalah benda yang wajib dipakai dalam proses pengolahan makanan. Karena saat pengolahan pisau berperan sangat penting. Pisau memang multi fungsi, tergantung dari jenis dan tujuan penggunaannya.
Kita, telah sangat mengenal berbagai jenis dan ukuran pisau. Yang sangat familiar adalah pisau dapur. Ibu rumah tangga atau kita, para juru masak, pastinya sudah sangat mengenal pisau jenis ini.
Pisau terdiri daripada dua bahagian utama, iaitu bilah pisau dan gagang atau pegangan pisau. Bilah pisau diperbuat daripada logam pipih yang tepinya dibuat tajam; tepi yang tajam ini disebut mata pisau. Pegangan pisau umumnya berbentuk memanjang agar dapat digenggam dengan tangan.
Bentuk umum pisau mirip dengan pedang, bedanya adalah bahwa bilah pedang lebih panjang daripada bilah pisau. Bila pisau terlalu kecil untuk memotong sesuatu, gergaji atau kapak mungkin diperlukan.
Jenis pisau
Terdapat banyak jenis pisau bergantung pada keperluannya. Berikut adalah beberapa diantaranya :






1.              Chef Knife
Panjang bilah pisau ini berukuran 8 cm sampai 10 cm. Merupakan pisau yang paling banyak digunakan. Ukurannya cukup besar untuk memotong daging dan mencincang bumbu. Jenis pisau ini biasanya memiliki pegangan yang nyaman ditangan sehingga aman pada saat digunakan.
2.               Paring Knife.
Panjang bilah pisau ini antara 3 cm sampai 4 cm. Relatif pendek, tetapi sangat sempurna untuk mengupas bahkan memotong buah dan sayuran.
3.              Serrated Bread Knife
Dikenal juga sebagai pisau roti. Bagian yang tajam pada pisau ini bergerigi dengan panjang bilah antara 8 cm sampai 10 cm. Biasanya dibuat dari bahan stainless stell sehingga mudah dibersihkan dan tidak berkarat. Didesain seperti ini agar hasil potongan roti tidak rusak, terutama untuk roti dengan tekstur yang lembut dan masih segar
4.              9-Peralatan-Manual-untuk-kriya-kayu-2Pisau Raut
9-Peralatan-Manual-untuk-kriya-kayu-1



Pisau ini sangat berguna untuk membuat kerokan bagian cekung. Selain digunakan untuk maraut benda tiga dimensi/ patung cinderamata Pisau raut pada intinya digunakan untuk membuat karya yang kecil- kecil atau banda kerja yang berupa tiga dimensi/ patung – patung maupun ukiran datar misalnya pada hiasan kotak perhiasan yang relatif kecil
Jenis pisau berdasarkan material nya
  1. Pisau besi mudah berkarat, tidak tahan asam, dapat menimbulkan bau pada makanan, sehingga pisau mudah patah.
  2. Pisau yang yang dibuat dari baja tahan karat terhadap asam dan garam, gunakan untuk memotong kue, buah dan pisau makan. Jangan diasah dengan batu asah tetapi dengan roda pengasah.
  3. Pisau dari stainlees steel/baja anti karat
Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih pisau adalah :

1. Pilihlah bilah pisau dari bahan karbon atau stainless steel. Kandungan karbonnya membuat mata pisau tetap tajam, sedangkan bahan stainless steel tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan. Jangan memilih pisau yang mengandung baja, karena kandungan baja hanya akan membuat pisau mudah berkarat.

2. Apapun jenis pisau yang Anda beli pastikan dibubuhi tanda aman untuk semua jenis bahan makanan. Pastikan pula pisau Anda terbuat dari besi tempaan yang kuat dan dapat memotong dengan baik.

3. Untuk mempertahankan ketajaman, pisau harus diasah. Cara mengasah pisau bisa dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan batu khusus. Jika tidak terbiasa dengan cara ini lebih baik gunakan alat yang lebih modern atau bawa ke tukang asah pisau.
http://i32.tinypic.com/i58185.jpgMenyimpan Pisau Dapur
Akibat sering digunakan, biasanya pisau bisa menjadi tumpul, maka Anda wajib mengasahnya secara rutin. Untuk pisau daging, biasanya diasah setiap 2 atau 3 hari sekali. Sementara pisau sayur bisa diasah dengan rentang waktu yang lebih lama (misalnya 2 minggu sekali). Setelah mengasah dan mencuci pisau, jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama Anda bisa mengoleskan minyak goreng dan memulas dengan tissue untuk menyerap kelebihan minyak tersebut. Kemudian bungkus pisau dengan paper towel dan simpan di tempat aman yang kering dan tidak lembab. Jika digunakan setiap hari, Anda cukup mencucinya dengan air bersih dan sabun, lalu dikeringkan dan disimpan di tempat aman
.
9-Peralatan-Manual-untuk-kriya-kayu-6Menjaga Pisau Dapur Tetap Tajam
Jangan menggunakan pisau dapur untuk memotong benda yang keras. Jangan lupa untuk langsung mencucinya setelah dipakai untuk memotong bahan yang mengandung asam agar warna mata pisau tidak berubah. Jangan merendam pisau dalam air apalagi air yang mengandung deterjen. Bersihkan pisau dengan kain lembab setelah dipakai.

2.      Gunting khusus makanan


http://www.tokomesin.co.id/Images/Getra%20TokoAlatMesin/Alat-Mesin-Pengiris%20Daging%20Auto.jpg
 


3.      Alat pemotong daging




4.      Alat pemotong pizza


5.      Alat pemotong serbaguna
Multi-Chopper, Pemotong Serbaguna







B.   Alat pengiris
Proses pengirisan dapat dilakukan melalui dua proses kerja
a.      Mengiris secara tradisional

1.      Talenan kayu



http://i31.tinypic.com/309suc9.jpgTalenan plastic




2.      Shredder/parutan
berfungsi untuk memarut bahan makanan seperti kelapa, singkong, kentang, wortel, jahe, dan lain sebagainya.









b.      Mengiris menggunakan alat/mesin modern
1.      Alat pengiris inovatif.
-          Untuk mengiris sayur-sayuran seperti wortel, timun, kol untuk di buat selada.
-          Untuk memarut keju, hasilnya bisa untuk membuat kue, membuat lasagna, pizza, spaghetti dan lain-lain
-          Untuk memarut buah-buahan seperti blewah, melon, pepaya untuk di buat es buah
-          Untuk mengiris tomat dan timun yang bisa di jadikan hiasan makanan seperti yang di taruh di nasi goreng.
-          Untuk mengiris jeruk yang bisa di jadikan hiasan untuk minuman es atau jus jeruk.


http://www.power-shaper.com/admin/barang/gambar/46.jpg
 





2.      pengiris-slicerMesin Perajang / Pengiris Umbi




mesin bread slicer pengiris roti tawar
3.      Mesin pengiris roti




4.      Alat pemipil jagung

http://i26.tinypic.com/i41vo0.jpg









http://www.ohgizmo.com/wp-content/uploads/2008/06/garlic_zoom.jpg
5.      Alat pengiris bawang





6.      Alat pengiris kunyit kencur
ALAT PENGIRIS KUNYIT KENCUR




7.      Alat pengiris kerupuk sanjai
ALAT PENGIRIS KERIPIK SANJAY







DAFTAR PUSTAKA


Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar