onyet

profile icons

Rabu, 24 Oktober 2012

KENARI HIJAU




TUGAS MAKALAH PASTRY
TENTANG
BUAH KENARI HIJAU (PISTACHIO)



OLEH
SARAH / 18735
JUWITALIA WIDASWARA / 55701
S1 BOGA






PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012


KATA PENGANTAR

Segala puji syukur penulis ucapkan kehadirat ALLAH SWT atas rahmat dan izin-Nya, sehingga penulisan makalah pastry “buah kenari hijau” ini dapat diselesaikan. Makalah ini disusun sebagai salah satu syarat pada mata kuliah “PASTRY” yang dibimbing oleh ibu Dra. Ruaida Mpd.
Makalah ini membahas tentang bahan makanan buah kenari hijau, kandungan dan resep dalam bidang pastry.
Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada ibu Dra Ruaida Mpd yang telah membimbing penulis dalam merampungkan makalah ini. Begitu pula kepada rekan-rekan yang ikut membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, diharapkan adanya saran da kritik membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah menjadi sumbangan yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, khususnya bagi yang membacanya.

Padang, maret 2012

penulis

 BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Mengenal lebih jauh bidang dalam pengolahan masakan, terutama pastry kita dapat melihat adanya penggunaan sejenis kacang – kacangan. Kacang memiliki sejarah yang kaya sebagai makanan. Bagi banyak bangsa asli Amerika, berbagai macam kacang-kacangan, termasuk biji-bijian, American beech dan lainnya, menjabat sebagai sumber utama pati dan lemak, selama ribuan tahun. Berbagai macam kacang-kacangan telah melayani sebagai makanan hijauan untuk penduduk asli Australia selama berabad-abad kacang kuliner lain, meskipun dikenal dari zaman kuno,. telah melihat peningkatan dramatis dalam penggunaan di zaman modern. Contoh seperti yang paling mencolok adalah kacang tanah.
Kuliner kacang kering, buah atau biji yang dapat dimakan, biasanya, namun tidak selalu, dengan kandungan lemak tinggi. Kacang digunakan dalam berbagai peran yang dapat dimakan, termasuk di kue, sebagai makanan ringan (baik dipanggang atau mentah), dan sebagai bumbu. Selain kacang botani, buah dan biji yang memiliki penampilan yang sama dan peran kuliner juga dianggap gila kuliner.
Hampir semua kacang kuliner berasal dari buah atau biji dalam empat kategori yaitu:
·         Kacang Benar, atau botani: kering, bercangkang keras, buah uncompartmented yang tidak terpecah pada saat jatuh tempo untuk melepaskan biji;
·         Drupes: buah berdaging sekitarnya batu, atau lubang, yang berisi benih (misalnya almond)
·         Gymnosperm benih: benih telanjang, tanpa kandang (misalnya kacang pinus)
·         Angiosperma benih: benih unenclosed dalam buah yang lebih besar (misalnya kacang tanah).
Diantara buah berbiji, drupes diantaranya kenari hijau, atau pistachio. Buah ini buah berbiji satu, berisi benih memanjang, yang merupakan bagian yang dapat dimakan. Unggulan, umumnya dianggap sebagai kacang, adalah kacang kuliner, bukan kacang botani. Buah ini memiliki kulit, eksterior keras keputihan.
Benih memiliki kulit mauvish dan daging hijau muda, dengan rasa yang khas. Ketika buah matang, perubahan shell dari hijau ke kuning musim gugur / merah, dan tiba-tiba membagi cara bagian terbuka. Hal ini dikenal sebagai dehiscence, dan terjadi dengan pop terdengar.
Produksi kacang kacangan di seluruh dunia dalam ton
Kelapa
                                     : 61,708,358
Kacang tanah
                          : 36,456,791
Kacang mete
                           : 3,350,929
Kacang almond
                       : 2,361,676
Kenari
                                     : 2,282,264
Kastanye
                                 : 1,408,329
Sirih kacang
                            : 1,033,691
Hazelnut
                                  : 765,666
Pistachio
                                  : 633,582
Kola kacang
                            : 190,431
Kacang Brazil
                         : 77,088
Buah bertempur
ung lainnya    :830,022
Macam macam jenis kacang dan negara penghasilnya
·         Almond
: Afghanistan, Australia, Chili, Yunani, Iran, Israel, Italia, Maroko, Portugal, Spanyol, Tunisia, Turki, Amerika Serikat
·         Jambu
: Brazil, Cina, India, Indonesia, Guinea-Bissau, Kenya, Mozambik, Nigeria, Tanzania, Thailand, Vietnam


·         Chestnut
: China, Prancis, Yunani, Hungaria, Jepang, Korea, Portugal, Spanyol, dan yang terbaru, Australia, Chili, Selandia Baru
·         Kelapa
: Brazil, India, Indonesia, Filipina, Sri Lanka
·         Hazelnut
: Perancis, Yunani, Italia, Rusia, Spanyol, Turki, Amerika Serikat
·         Macadamia
: Australia, Brasil, Kosta Rika, Guatemala, Israel, Malawi, Afrika Selatan, Thailand, Amerika Serikat
·         Kacang
: Argentina, Cina, India, Indonesia, Myanmar, Nigeria, Senegal, Sudan, Amerika Serikat, Vietnam
·         Kemiri
: Australia, Israel, Meksiko, Afrika Selatan, Amerika Serikat
·         Pine kacang
: Cina, Italia, Lebanon, Portugal, Spanyol, Turki
·         Pistachio
: Yunani, Iran, Italia, Suriah, Turki, Amerika Serikat
·         Walnut
: Argentina, Chili, China, Prancis, Yunani, Hungaria, India, Iran, Italia, Moldova, Korea Utara, Turki, Ukraina, Amerika Serikat









B.     TUJUAN
Tujuan membahas makalah ini yaitu, megetahui lebih lanjut bahan – bahan yang digunakan dalam pastry, terutama bahan kacang – kacangan. Diantaranya buah kenari hijau.
Makalah ini ditujukan untuk mengetahui manfaat buah kenari hijau,kandungan gizi, hingga pemakaian dalam resep – resep pastry.
















BAB II
ISI

A. PEMBAHASAN
1.      Definisi
Nama umum    :  Pistachio, Pistache.
Spesies Terkait :
-          Mt. Atlas Pistache (Pistacia atlantica),
-          Cina Pistache (P. chinesis),
-          Tarbantin Pistache (P. terebinthus)
Jauh Affinity   :
-          Jambu Mete (Anacardium occidentale),
-          Mangga (Mangifera indica),
-          Ambarella (Spondias cytherea),
-          Kuning Mombin (Spondias mombin),
-          Red Mombin (Spondias purpurea),
-          Imbu (Spondias tuberosa) dan lainnya.
Kacang yang satu ini tergolong jenis kacang yang cukup unik. Bentuknya mirip kacang amond dengan balutan kulit yang keras. Saat dimakan kriuk... rasanya sangat manis sedikit gurih. Selain enak, si pistachio juga mengandung sejumlah manfaat bagi tubuh.
Kacang pistachio kini sudah cukup populer dan dikenal masyarakat Indonesia. Pistachio berasal dari biji buah Pistacia Vera yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Persia, Iran, hingga Turki. Sebutannya dalam bahasa inggris - Pistachio - diambil dari bahasa Persia, yaitu Pisteh yang berarti makanan terpadang.
Konon pada jaman dahulu kacang ini menjadi makanan para kaum terpandang termasuk kegemaran dari Ratu Sheba atau Ratu Bilqis. O ya, pistachio juga dikenal dengan sebutan kacang Arab karena selalu jadi oleh-oleh saat naik haji. Kini banyak juga kacang pistachio dari Cina.
Dari segi penampilan, biji kacang pistachio sedikit mirip dengan kacang almond meskipun warnanya kehijauan. Warna hijau ini membuat pistachio sering disebut pula dengan green almond. Tampilan kacang ini mirip kacang almond namun terbungkus kulit keras berwarna putih kekuningan.
Biji kacang pistachio berwarna kehijauan dengan lapisan kulit ari berwarna kemerahan. Kulit pistachio yang keras akan terbuka di bagian tengah sehingga biji kacang akan mengintip ditengahnya. Jika kacang pistachio yang terbuka di bagian pinggir kulit, jangan coba-coba membuka kacang ini menggunakan gigi karena kulitnya benar-benar keras. Teknik untuk membukanya adalah dengan menggunakan setengah bagian kulit kacang pistacio untuk mencungkilnya.
Tenaga ekstra untuk membuka si kulit kacang memang sebanding dengan rasa kacang pistacio yang sangat manis, sedikit gurih dan kriuk pastinya.Kini pistachio juga banyak dipakai sebagai campuran es krim, topping kue, cokelat, dan masih banyak lainnya.
Selain rasanya yang enak, pistachio memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Selain bisa mengurangi risiko kanker paru-paru dan menurunkan kadar kolesterol. Karena merupakan produk impor, kacang pistachio ini harganya tergolong mahal. Biasanya kacang ini dijual dalam plastik-plastik mungil bahkan botol plastik. Harganya mulai dari belasan ribu untuk plastik kecil hingga ratusan ribu untuk pistachio dalam botolan atau kemasan besar.
2.  Negara Asal           :
Pohon pistachio merupakan tanaman asli Asia Barat dan Asia Kecil, dari Suriah ke Kaukasus dan Afghanistan. Bukti arkeologi di Turki menunjukkan kacang sedang digunakan untuk makanan sedini 7.000 SM.Pistachio ini diperkenalkan ke Italia dari Suriah pada awal abad pertama Masehi Selanjutnya budidaya menyebar ke negara-negara Mediterania lainnya. Pohon ini pertama kali diperkenalkan ke Amerika Serikat pada 1854 oleh Charles Mason, yang didistribusikan benih untuk penanaman eksperimental di California, Texas dan beberapa negara bagian selatan.

Pada tahun 1875 sebuah pohon pistachio beberapa kecil, yang diimpor dari Prancis ditanam di Sonoma, California Pada awal 1900-an Departemen Pertanian AS mengumpulkan koleksi spesies dan varietas kacang Pistacia pistachio di Stasiun Pendahuluan Tanaman di Chico, California produksi Komersial kacang pistachio dimulai pada akhir 1970-an dan cepat diperluas untuk operasi besar di San Joaquin Valley. Besar lainnya daerah penghasil pistachio adalah Iran dan Turki dan pada tingkat lebih rendah, Suriah, India, Yunani, Pakistan dan tempat lain.
2.      Nilai gizi
Nilai gizi 100 g  pistachio kering  (3,5 oz)
-          Energi 2.391 kJ (571 kkal)
-          Karbohidrat 27,65 g
-          Gula 7,81 g
-          Diet serat 10,3 g
-          Lemak 45,97 g
-          Protein 21,35 g
-          Lutein dan zeaxanthin 1205 mg
-          Thiamine (vit. B1) 0,84 mg (73%)
-          Riboflavin (vit. B2) 0,158 mg (13%)
-          Niacin (vit. B3) 1,425 mg (10%)
-          Pantothenic acid (B5) 0.513 mg (10%)
-          Vitamin B6 1,274 mg (98%)
-          Folat (vit. B9) 50 mg (13%)
-          Vitamin C 2,3 mg (3%)
-          Kalsium 110 mg (11%)
-          Besi 4,2 mg (32%)
-          Magnesium 120 mg (34%)
-          Mangan 1,275 mg (61%)
-          Fosfor 485 mg (69%)
-          Kalium 1042 mg (22%)
-          Seng 2,3 mg (24%)
Pistachio meningkatkan banyak piring selain makanan penutup, termasuk makanan laut,unggas dan salad. Kacanglainnya bisa diganti untuk pistachio disebagian besar resep, kacang-kacangan terutama pinus,almond,hazelnut, dan kacang mete.
PistachioUkuran,Setara, dan Pergantian
-          1pon padashell      = 2 cangkirdikupas
-          1dikupaspon          =3-2/3cangkirnutmeats
-          1 onsdi shell          =sekitar 20kacang
-          1 cangkirdi shell    =nutmeats1/2 cangkir
Kemerahan buah keriput ditanggung dalam kelompok berat agak seperti anggur. Meskipun dikenal sebagai kacang, buah pistachio adalah botanikal buah berbiji satu, bagian yang dapat dimakan satunya adalah benih. Kernel lonjong sekitar 1 inci panjang dan 1/2 inci dengan diameter dan dilindungi oleh cangkang, tipis berwarna gading, tulang. Biasanya kerang dibagi secara longitudinal di sepanjang jahitan mereka ketika dewasa. Dalam kondisi yang tidak menguntungkan selama pertumbuhan kacang, kerang mungkin tidak terbelah.
Warna bervariasi dari kernel kekuningan melalui nuansa hijau, yang membentang sepanjang kernel. Secara umum semakin dalam warna hijau, semakin banyak kacang-kacangan adalah terhormat. Kacang pistachio kaya akan minyak, dengan kandungan rata-rata sekitar 55%. Pohon-pohon mulai mengingat 5 sampai 8 tahun, tetapi bantalan penuh tidak tercapai hingga tahun ke-15 atau ke-20. Pistachio cenderung ke arah bantalan dua tahunan, menghasilkan tanaman berat satu tahun diikuti oleh sedikit atau tidak ada yang berikutnya. Produksi kacang-kacangan juga dipengaruhi oleh kekeringan, hujan yang berlebihan, panas atau angin dingin dan tinggi.
Kacang dipanen ketika sekam atau lambung meliputi shell menjadi cukup longgar. Sebuah gemetar tunggal akan menurunkan sebagian besar kacang-kacangan matang, yang bisa ditangkap pada terpal atau kanvas. Sebuah pohon sepenuhnya dewasa dapat menghasilkan sebanyak 50 kilogram kering, kacang dikuliti. Lambung harus dihapus segera setelah untuk mencegah pewarnaan kerang.
Untuk meningkatkan pemisahan, kacang dikuliti maka mungkin dicelupkan ke dalam air untuk melembabkan kulit dan tersebar di matahari sampai kering. Salah satu metode penggaraman kacang perpecahan adalah dengan merebus dalam larutan garam selama beberapa menit, kemudian redry dan menyimpannya. Disimpan di pistachio kantong plastik akan bertahan setidaknya 4 sampai 6 minggu di kulkas. Beku mereka akan bertahan selama berbulan-bulan.
Pistachio ini unik dalam perdagangan kacang karena semi-perpecahan cangkangnya yang memungkinkan prosesor untuk panggang dan garam kernel tanpa menghapus shell, dan yang sekaligus berfungsi sebagai bentuk nyaman kemasan. Sekitar 90% dari pistachio California dikonsumsi sebagai makanan ringan di-shell. Pistachio dikupas dimanfaatkan secara komersial di kembang gula, es krim, permen, sosis, barang toko roti dan bumbu untuk puding. Mereka juga dapat ditambahkan ke dressing, casserole dan hidangan lainnya.
Potensi Komersial: kacang Pistachio dianggap salah satu kacang dimakan utama, bersama dengan almond, kacang mete dan macadamias. Produksi kacang pistachio di California telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir, dari beberapa juta pound 4-1/2 tahun 1977 ke lebih dari 80 juta saat ini. Dengan promosi tambahan, produksi diperkirakan pada akhirnya melebihi £ 129.000.000.
Banyak varietas pistachio telah dikembangkan, karena tanaman telah ditanam untuk beberapa ribu tahun. Di California sekitar 13 kultivar telah diuji, termasuk Kerman, Ibrahmim, Owhadi, Safeed, Shasti dan Wahedi (kacang terbesar kultivar ada). Kultivar kacang bantalan pertama diuji di Chico, California adalah Bronte, Buenzle, Minassian, Red Aleppo, Sfax dan Trabonella. Kerman disukai oleh importir dan prosesor untuk, kerenyahan ukurannya dan snap ketika dimakan. Sebuah bibit adik Kerman, Lassen, juga menghasilkan kualitas baik berukuran besar kacang. Kultivar yang jantan standar Peters. Kultivar Kerman dan Peters secara lebih lengkap dijelaskan di bawah.
Salah satu penggunaan yang paling populera dalah eskrim pistachio,ciptaan dikreditkan ke James W.Parkinson dari Philadelphia, Pennsylvania sekitar1840. (Pistachio Nyayang paling mungkindiimpor.) Namun, Andaakan melihatdari koleksi resep yang pistachio adalah lezat dipiring gurih serta permen.
Pemanenkomersial memiliki mesin untuk mengguncangkan buah-buahnya ke bawah terpal. Pistachio adalah buah berbiji, yang berarti memiliki penutup luar berdaging di atas kacang bercangkang keras, seperti pala. Buah ini dikumpulkan dan kemudian direndam untuk menghapus penutup merah atau kuning luar lembut sebelum cangkang keras yang mengandung kacang yang dikeringkan di bawah sinar matahari.
Satu ons kacang kenari setara dengan 49 butir kacang tanah, dan mengandung lebih dari 10% kebutuhan harian akan serat, vitamin B-6, thiamin, fosfor, dan tembaga. Kandungan serat 1 ons kenari lebih tinggi daripada 1/2 cangkir brokoli atau bayam, sedangkan kandungan kaliumnya setara dengan sesisir pisang. Jumlah vitamin B-6 dalam 1 ons kacang kenari sama dengan 3 ons daging babi atau ayam. Kacang kenari juga mengandung phylosterol yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari beberapa jenis kanker. Kacang ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan pada minyak zaitun.
3. Seleksi pemilihan dan penyimpanan pistachio
Pilih kacang pistachio yang terbelahdi ujungnya. Kerang yang belum dibuka adalah indikator ketidak dewasaan. Yang lebih hijau nutmeat, semakin baik rasa. Pistachioyang tersedia sepanjang tahun dalam berbagai bentuk termasuk dikupas mentah, dipanggang, asin, tawar,dandiolah secara. Untuk tujuan memasak, yang terbaik adalah untuk memilih pistachio yang belum dicat.
Karena usia pistachio tidak lama sebaiknya pilihlah pistachio yang warna kacangnya hijau terang. Kalau sudah terlalu tua atau lama di toko, warnanya akan pudar, dan kacang akan berubah layu.Yang tipis,kertasdimakandapat dengan mudahdihapus darinutmeatsolehblanching. Pistachiodikupasyangpucatdengan menutupmereka dengan airmendidih danmembiarkan merekaberdiriselama dua menit.Tiriskan danagak dinginsebelum tergelincirkulitmati.
Karena shell perpecahan pada pematangan untuk mengeksposnutmeatitu,pistachio memiliki umur simpanyang terbatas.Simpan pistachio dalam wadah kedap udara dalam lemari es. Kacangdiolah secaradapat disimpanselama 3 bulandi kulkasatau sampai dengan 1tahundi dalam freezer.Pistachiodikupasdapat disimpandi kulkassampai 3 bulan, tapi bukancalon yang baik untuktitik beku
3. Cacat atau kerusakan pada pistachio
-           Cacat dari shell: cacat yang mempengaruhi shell tapi tidak kernel (cacat, retak, jejak lambung dll
-          Unsplit kerang: kerang pistachio yang tidak terbelah, tetapi berisi sebuah kernel sepenuhnya dikembangkan.
-          Cacat dari kernel: cacat dapat mempengaruhi penampilan dan sifat dpt dimakan dari kernel.
-          Sepenuhnya dikembangkan: Lebih dari ¾ dari rongga cangkang internal diisi.
-          Shrivelled: kernel yang serius menyusut, keriput dan tangguh.
-          Rancid: oksidasi lipid menghasilkan rasa yang tidak menyenangkan. penampilan berminyak daging tidak selalu menunjukkan kondisi tengik.
-          Bau atau rasa asing: setiap bau atau rasa yang tidak karakteristik produk.
-          Serangga kerusakan:terlihat kerusakan oleh serangga atau parasit hewan, atau adanya serangga mati atau sampah serangga.
-          Jamur: jamur filamen terlihat dengan mata telanjang.
-          Kacang kosong: Kacang mengisi kurang dari ½ rongga shell.
-          Asing materi: zat selain lambung pistachio atau kernel
-          Decay: dekomposisi yang signifikan yang disebabkan oleh aksi mikro-organisme.
-          Bersih: praktis bebas dari kotoran menaati jelas terlihat atau bahan asing lainnya.
-          Shell Stained: ketika jumlah keseluruhan sebesar coklat terhadap perubahan warna coklat tua mempengaruhi lebih dari seperempat dari permukaan shell total atau lebih dari satu setengah dari satu sisi shell.
-          Shell lateral dibagi: kerang Pistachio yang tidak membagi pada jahitan tetapi memiliki membelah lateral.
-          Celah: kerang Pistachio yang memiliki retak selain membelah lateral.Belum menghasilkan kernel Kernel yang terlalu tipis atau mengisi kurang dari ¾ tetapi tidak kurang dari ½ dari rongga shellMengikuti lambung Sebuah jumlah keseluruhan dari materi lambung yang mencakup lebih dari 1/8 dari permukaan shell jumlah
-          Blemish Sebuah ketidaksempurnaan nyata yang secara signifikan merusak penampilan eksternal dari shell, tidak termasuk bekas luka dan bintik-bintik gelap, ketika secara agregat mempengaruhi setara dengan lingkaran dengan diameter 3mm atau 5 mm panjangnya
-          Komersial Pistachio kacang jenis yang termasuk jenis varietas yang sama atau campuran varietas ditentukan oleh negara produsen, yang memiliki karakteristik serupa dan / atau penggunaan penampilan atau akhir.

A.    Resep yang menggunakan pistachio
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
100 gram pistachio, potong-potong kasar
150 gram margarin
100 gram mentega tawar dingin
150 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
1 butir telur
1 kuning telur
325 gram tepung terigu protein rendah
1/2 sendok teh green tea bubuk
20 gram susu bubuk
3/4 sendok teh baking powder

Bahan Pelapis:
75 gram havermut
Cara Pengolahan :
·         Kocok margarin, mentega, gula tepung, dan garam 1 menit. Tambahkan telur. Kocok rata.
·         Masukkan tepung terigu, green tea bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan pistachio. Aduk rata. Bagi tiga bagian.
·         Gulung dan padatkan dalam plastik. Bentuk lonjong diameter 3 cm. Gulingkan di atas havermut. Bungkus lagi dengan plastic. Ikat kedua ujungnya. Simpan dalan freezer 30 menit.
·         Potong-potong 1/2 cm. Letakkan di loyang yang telah dioles dengan margarin.
·         Oven 25 menit dengan api bawah suhu 150 derajat Celsius sampai matang.
Untuk 836 gram

Pistachio biscuit:
·         10 butir telur ayam
300 g gula pasir
150 g tepung terigu
150 g tepung maizena
1 sdm pistachio paste
1 sdm esens vanilla
Pistachio cream:
200 g custard/vla instant
1000 g cream
500 g susu segar
50 g pistachio paste
50 g kacang pistachio
250 g simple syrup
Cara membuat:
Pistachio Biscuit:
# Kocok gula dan telur hingga mengeental dan pucat.
# Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, aduk rata.
# Tambahkan pistachio paste dan vanilla, aduk rata.
# Tuang ke dalam loyang bersemir mentega berukuran 40x60x3cm.
# Panggang dalam oven panas 180 C selama 10 menit.
Pistachio Cream:
# Aduk semua bahan dan kocok hingga lembut.
Penyelesaian:
# Perciki kue dengan simple syrup, olesi pistachio cream, berlapis hingga 3 lapis.
# Taburi dengan kacang pistachio bagian atasnya.
# Potong-potong ukuran 5×6 cm.
Untuk 80














BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dengan adanya pembahasan, maka kita tahu definisi, penggunaan serta kita lebih mengenal bahan bahan dalam pengolahan pastry.
Meski kenari hijau sangat jarang digunakan dalam pengolahan nya, tetapi setidak ya kita mengetahui bahan ini lebih detail.

B. SARAN
Dalam penulisan makalah kami terdapat banyak kesalahaa, dengan itu diharakan kritik dan saran yang mendukung utuk perbaikan dan untk menambah ilmu tentang kacang kacangan, khususnya buah kenari hijau.













DAFTAR PUSTAKA

SabateJ,FraserGE,BurkeK,dkk.Pengaruhkenaripadatingkat lipid dalam darahdan tekanan darahpada prianormal.NewEngJMed1993;328:603-607.
SimonJA,FongJ,BernertJT, et al. Serumasam lemak danrisiko stroke. Stroke1995;26:778-82.
deLorgerilM,RenaudS,MamelleN,etal.Mediteraniaasam alfa-linolenatkayadiet dalampencegahan sekunderpenyakit jantungkoroner.Lancet1994;11:1454-9.
LavedrineF,ZmirouD,RavelA,etal.Kolesterol darah dankonsumsikenari: survei cross-sectional di Perancis.PrevMed1999;28:333-9.
Sheridan MJ, Cooper JN, Erario M, Cheifetz CE. Kacang pistachio konsumsi dan tingkat lipid dalam darah. J Am Coll NUTR. 2007 Apr; 26 (2) :141-8.
Kocyigit A, Koylu AA, Keles H.. Efek dari konsumsi kacang pistachio profil lipid plasma dan status oksidatif pada sukarelawan sehat. NUTR Metab Cardiovasc Dis. 2006 April; 16 (3) :202-9. Epub 2006 9 Feb.
Edwards K, Kwaw I, Matud J, Kurtz I. Pengaruh kacang pistachio tingkat lipid dalam darah pada pasien dengan hiperkolesterolemia moderat. J Am Coll NUTR. 1999 Juni, 18 (3) :229-32
Duke, James A. CRC Handbook of Kacang. CRC Press. 1989. hal 240-243.
Robert dan Lance Walheim. Buah dan Kacang Barat. HP Books, Inc 1981. hal. 166.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar